Monday, November 17, 2008

birthday part 2

29 oktober 2008,

Ulang tahun tiba? Pesta yuukkk, mana kadonya?, makan-makan dimana?, dst...dst
Aku ingat beberapa waktu yang lalu aku menghadiri ulang tahun seorang keluarga dekat. Waktu itu tidak ada pesta besar-besaran, ada ibadah bersama keluarga dan tetangga sekitar kompleks dengan makanan yang tidak bisanya tentu saja....ada hal yang menarik saat itu.

Ketika ibadah berlangsung, yang berhari ulang tahun belum tiba di tempat, tapi karena mengingat waktu yang semakin larut maka ibadah pun segera dimulai. Ibadah yang dipimpin pendeta itu memang ditujukan sebagai ibadah ungkapan syukur karena bisa ketambahan usia. Sehingga pendeta pun memberikan khotbah yang berkaitan dengan itu dan ditujukan kepada yang berhari ulang tahun. Tapi sayanya yang berhari ulang tahun terlambat datang sehingga tidak bisa mendengarkan keseluruhan khotbah yang disampaikan pendeta dan karena terburu-buru sehingga dalma keadaan yang agak ‘emosi’ yang berulang tahun bergabung dalam ibadah itu.... hmmm mungkin kejadian ini pula yang menginspirasi tulisan ini...karea saat itu lah timbul pemikiran kalo usia bertambah berarti semakin sempit waktu kita di dunia ini...

Apa sih yang harus kita lakukan saat ulang tahun?

Pesta? Makan-makan? Jalan-jalan? Nraktir orang lain? Apapun yang ingin kita lakukan untuk memperingati ulang tahun kita, rasanya tidak ada yang salah. Mau pesta kek, mau rame-rame atau pun mau sendirian aja rasanya tidak ada yang salah dengan itu. Mau dananya ratusan ribu, jutaan, puluhan juta bahkan sampe milayaran, nggak ada yang melarang kok.... so what gitu lho?!

Yang terpenting bagi kita adalah mengingat bahwa semakin bertambah usia semakin sedikit waktu kita di dunia ini....ah masak sih? Wah itu sih fakta yang tidak terbantahkan lagi bahwa semakin usia bertambah yang semakin singkat waktu kita di dunia....dan kalau begitu ada pertanyaan sambungannya lagi, kalo semakin singkat waktu kita, apakah kita sudah tahu kemana kita akan pergi setelah waktu kita di dunia ini habis? Nah ini dia nih..kita jangan pura-pura bego dengan tidak pernah menanyakan hal ini ke diri kita karena kita merasa I’m still young lagi....mati tuh kagak pandang bulu mo tua kek, mo muda, lu siap ato nggak, dia bisa datang kapan saja.... (kayakya kalo ngomong yang ginian rada ngeri juga ya...hmmm we will discuss about this in the next edition)

Jadi dari pada ngeri mikirin after death gw dimana? Mendingan mulai sekarang jangan tunggu ulang tahun deh tapi setiap hari kita bisa mengevaluasi diri apa yang sudah kita perbuat dalam hidup ini, apakah kita sudah melakukan yang terbaik, apakah kita sudah memakai semua kemampuan yang TUHAN berikan bagi kita, sudahkah kita melakukan dengan baik apa yang menjadi bagian kita? Apakah kita sudah menjadi anak yang baik bagi orang tua kita? Apakah kita sudah menjadi orang tua yang baik bagi anak kita? Sudahkah kita menjadi atasan yang baik untuk anak buah kita? Apakah kita sudah menjadi bawahan yang baik buat atasan kita? Apakah kita sudah menjadi baik seturut dengan kehendak TUHAN? Ini dia point-nya...setiap ulang tahun jangan pesta doang dong, merenung dikit kayaknya nggak salah, merenung bukan untuk sedih dan menyesal akan hari yang sudah lewat tapi merenung untuk berbuat yang lebih baik lagi besok !!

Happy birthday friends............

No comments: